Sabtu, 25 Februari 2012

February 23th 2012 Fast Track

Semua ini berawal dari Tanggal 23 Februari Bulan Februari Tahun 2012, kehidupan saya berubah. Mula-mula saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya yang normal yang menghabiskan waktu untuk kuliah, penelitian di laboratorium, bercanda dan berjalan-jalan bersama teman-teman. Sejak hari tersebut, saya berevolusi menjadi seorang mahasiswa yang lebih "abnormal" (dalam artian lebih baik) yaitu mahasiswa program Fast Track.
herlia dan teman-teman dalam menyambut mahasiswa baru
JADI, APAKAH SEBENARNYA PROGRAM FAST TRACK ITU????
Program Fast Track merupakan salah satu program beasiswa unggulan yang diselenggarakan oleh Kemdiknas. Program beasiswa ini biasanya ditawarkan pada mahasiswa tingkat akhir sekitar semester 7 yang hanya mempunyai tanggungan skripsi. Jadi program ini sejenis dengan istilah akselerasi yaitu percepatan. Mahasiswa S1 semester 7 dapat langsung menempuh tingkat S2 sejalan dengan pelaksanaan skripsi. Sehingga dengan adanya program ini, tingkat S1 dan S2 yang secara normal ditempuh selama 6 tahun, dapat direduksi menjadi 5 tahun. Hal ini tentu cukup menarik karena kita dapat menghemat waktu selama 1 tahun. Tentunya program beasiswa ini mempunyai persyaratan layaknya program-program beasiswa pada umumnya. Persyaratan umum program beasiswa ini adalah nilai IPK minimal 3,5, sedang menempuh tingkat akhir atau tinggal skripsi, Toefl minimal 550, dan lain-lain. Pendaftaran dilakukan dengan mencari informasi di universitas masing-masing, mengisi formulir dan melampirkan proposal Thesis. Proposal dan Formulir yang dikirimkan akan diseleksi dengan tujuan memilih kandidat-kandidat penerima program beasiswa Fast Track. Program Fast Track ini sebenarnya tidak terbatas untuk mahasiswa S1 yang ingin melanjutkan ke tingkat S2 tetapi juga untuk mahasiswa S2 yang ingin mwlanjutkan ke tingkat S3.  Pada umumnya, kebijakan mekanisme pelaksanaan program fast track berbeda pada masing-masing universitas dan masing-masing fakultas. Beginilah sekilas pengertian dan penjelasan program beasiswa Fast Track.

LALU, APAKAH HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA FAST TRACK????
Tentunya ada tujuan dari diselenggarakannya program beasiswa fast track ini. Kegiatan ini pasti bertujuan baik untuk membahagiakan berbagai pihak dan tentunya meningkatkan bidang pendidikan di Indonesia. Hak dan Kewajiban mahasiswa Fast Track secara umum yang saya ketahui antara lain:

HAK
Hak mahasiswa fast track adalah menerima biaya pendidikan selama menempuh tingkat S2 atau S3. Selain mahasiswa fast track juga mendapatkan hak sama dalam pengajaran seperti pada mahasiswa reguler pada umumnya.

KEWAJIBAN
Kewajiban mahasiwa Fast Track pada dasarnya ada 3 yaitu antara lain:

1. MAGANG
 Magang ini dilakukan di sekolah-sekolah seperti SMP dan SMA di daerah Universitas tersebut berada. Magang cukup dilakukan selama 4 jam dalam seminggu dan jadwalnya dapat dilaksanakan secara fleksibel mengingat mahasiswa masih menempuh kuliah, skripsi, dan beberapa kegiatan yang lain. Magang tersebut bertujuan untuk melatih cara komunikasi mahasiswa dengan orang lain, menghadapi permasalahan, dan mengatur emosi. Tujuan ini tentu baik bagi mahasiswa itu sendiri dan para pelajar. Tidak ada salahnya untuk mengamalkan ilmu kita dan saling berbagai dengan orang lain. itulah salah satu esensi dari kehidupan.

2. SEMINAR ONLINE
Seminar online ini dilakukan paling tidak 2 kali oleh mahasiswa fast track. Seminar online dilakukan secara online yaitu saling sharing dan diskusi antar universitas dalam program studi yang sama. Hal-hal yang didiskusikan dalam seminar online adalah tentang pelaporanpenelitian-penelitian mahasiwa yang telah dilakukan. dengan adanya seminar online ini, diskusi, masukan, saran, dan kritik dapat diperoleh semakin banyak dan diperoleh dari berbagai macam sumber sehingga nantinya penelitian kita diharapkan menjadi lebih baik.

3. MEMBUAT BLOG
Mahasiswa diwajibkan membuat blog yang digunakan sebagai forum diskusi dan sharing kepada masyarakat. Blog diisi dengan hal-hal yang dapt kita diskusikan seperti penelitian-penelitian, kegiatan magang mahasiswa dan artikel-artikel yang interaktif terutama sesuai dengan bidang kita. Selain untuk sharing, pembuatan blog juga digunakan sebagai media monitoring mahasiswa penerima beasiswa oleh penyelenggara.

Semua kegiatan tersebut akan dimonitoring oleh team yang dikenal dengan Seammolec.Seammolec ini merupakan organisasi di lingkungan Asia yang berada di bawah naungan dikti dalam bidang pendidikan.

BAGAIMANAKAH PERASAAN SAYA SEBAGAI SALAH SATU PENERIMA BEASISWA FAST TRACK????

Pada awalnya, saya sebagai penerima mahasiswa fast track merasa bingung dengan segala kebijakan program ini. Ada beberapa hal yang menurut saya baru dan kurang jelas. Akan tetapi, dengan adanya penjelasan-penjelasan dari dikti, IGSP (Indonesian-German Scholarship Programme), dan Seammolec pada tanggal 23 Februari 2012, akhirnya semua hal yang samar-samar menjadi jelas. Hak dan Kewajiban penerima beasiswa fast track juga telah dijelaskan. Menurut saya, penyelenggaraan program fast track ini sangat baik terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini juga membuka kesempatan untuk malanjutkan pendidikan di luar negeri terutama di Jerman. Adanya timbal balik dan peran seluruh masyarakat seperti terlibatnya pelajar membuat saya merasa dapat berbagai dengan orang lain, dengan berbagi, kita akan lebih perhatian dengan orang lain, lebih perhatian dan bangga dengan bangsa kita sendiri yaitu bangsa Indonesia. Saya merasa terlibat dalam memajukan pendidikan di Indonesia walaupun peran saya mungkin < 0,001 % saya akan berusaha. Menurut saya program ini baik, bermanfaat dan sebaiknya dilaksanakan secara kontinyu yaitu setiap tahun. Lalu, kenapa kita harus menolak kegiatan yang baik apalagi untuk bangsa kita sendiri? Saya sangat welcome.................

Situasi saya saat menerima program ini adalah saya sedang menempuh tugas akhir atau skripsi dan menjalankan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh dikti sebanyak 4 PKM. Hal tersebut tentunya menyita waktu dan tenaga saya, apalagi kuliah S2 program Fast Track juga seiring berlangsung. Magang, Seminar online, dan eksis di blog juga merupakan kegiatan yang tidak kalah pentingnya. Memang, cukup sulit untuk membagi pikiran ke dalam 9 hal secara bersamaan, tetapi dengan doa dari sendiri dan orang sekitar, semangat, motivasi, ketangguhan, profesional, dan lain-lain, insyaAllah semua akan indah pada waktunya. Jangan mudah mengeluh ketika kita ingin berbuat baik.. Mari menyenangkan orang lain dimulai dan orang-orang sekitar dan mengabdikan diri pada masyarakat. SEMANGAT!!!!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar